Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berpesan agar Pemerintah daerah dan TNI perlu bersinergi untuk mewujudkan kawasan hijau di wilayah perkotaan, termasuk di areal markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1314 Gorontalo Utara, di Desa Botungobungo, Kecamatan Kwandang, yang baru saja diresmikan.

"Saya sempat berbincang-bincang dengan Pak Bupati, agar program penghijauan perlu disukseskan termasuk di areal markas Kodim yang cukup gersang," ujar Gubernur yang juga didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, program penghijauan perlu dilakukan, apalagi di wilayah perkotaan agar asri dan sejuk.

Gubernur mengakui, sempat menggagas program penghijauan di kabupaten tersebut saat dirinya masih menjabat Bupati, namun diakuinya belum berhasil.

"Sinergitas Pemda dan TNI saat ini yang semakin baik, diharapkan mampu mewujudkannya," ucapnya.

Pada peresmian Kodim 1314 Gorontalo Utara, Gubernur Rusli pun mengaku sangat memberikan dukungannya, termasuk pengembangan Koramil di seluruh wilayah kecamatan.

"Idealnya, satu kecamatan satu Koramil untuk mendukung keamanan wilayah teritorial di Provinsi Gorontalo," ujarnya.

Gubernur Gorontalo, menghadiri peresmian Kodim 1314 Gorontalo Utara, didampingi jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Gorontalo, termasuk Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Sementara itu, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, mengaku sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya Gubernur Rusli Habibie yang menginisiasi, mendukung total percepatan realiasi Kodim 1314 Gorontalo Utara.

"Perhatian beliau sangat besar, dalam menjaga sinergitas dan mewujudkan kehadiran Kodim di wilayah teritorial Gorontalo Utara, kami sangat mengapresiasinya," ujar Danrem.

Selain fokus pada penambahan Kodim di wilayah teritorial kabupaten lainnya, diantaranya Boalemo dan Bone Bolango, pihaknya kata Danrem, akan fokus pada penambahan personel Secapa dan satu Batalyon tempur yang akan ditempatkan di Kodim 1313 Puhowato.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019