Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, mengapresiasi sinergi dan kekompakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Sinergi di sini bagus yaa. Buktinya pemilu berjalan aman, itu kan salah satu bentuk sinergi yang bagus,” ungkapnya, Rabu.

Dia juga mengapresiasi dukungan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/kota, atas terwujudnya dua satuan baru TNI AD yakni Kodim di Pohuwato dan Gorontalo Utara.

Kodim 1314 Gorut baru diresmikan pada Selasa, 25 Juni 2019.

“Pak gubernur sangat proaktif, dulu Kodim hanya satu, sekarang sudah tiga. Pak Gubernur mau minta lagi Kodim Bone Bolango, Boalemo dan Kabupaten Gorontalo. Harapan saya mungkin enam kabupaten/kota di sini 100 persen punya Kodim,” tambahnya.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan sinergi ini sangat penting untuk pemerintah daerah.

Dia menilai hubungan harmonis tidak hanya berdampak pada keamanan dan ketertiban daerah, tapi juga menimbulkan ketentraman di masyarakat.

“Kalau kita kompak dan bersinergi, rakyat juga menilai baik dan merasa senang. Misalnya gubernur dengan Pangdam hubungannya bagus, dengan Kapolda dan yang lain juga bagus," ungkapnya.

Sejak menjabat sebagai Gubernur Gorontalo tahun 2012, Rusli mengaku proaktif membangun sinergi dengan TNI, Polri, kejaksaan, pengadilan tinggi, BIN, serta instansi vertikal di daerah.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019