Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, bersilaturahmi dengan Bupati Indra Yasin, terkait telah selesainya seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di daerah itu, berjalan aman, lancar, sukses dan tidak menyisakan sengketa.

Hal itu diungkap Komisioer KPU Gorontalo Utara, Divisi Hukum dan Pengawasan Internal, Gandhi Akase Tapu, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengungkapkan, seluruh komisioner KPU setempat bersama pihak kesekretariatan, sengaja menggelar silaturahmi dengan Bupati Indra Yasin dan menyampaikan beberapa hal penting.

Yaitu, telah suksesnya seluruh tahapan Pemilu 2019 tanpa proses sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU pun, kata dia, melaporkan terkait pelaksanaan penetapan perolehan kursi dan para calon anggota legislatif terpilih, sementara menunggu surat dari KPU RI.

Gandhi mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan "stakeholder", yang telah bekerjasama sukseskan seluruh tahapan Pemilu 2019.

Selain itu kata dia, pihaknya menyampaikan kepada bupati, terkait keberadaan staf berstatus aparatur sipil negara (ASN) yang diperbantukan di sekretariat KPU kabupaten.

"Jika pemerintah daerah atau bupati berkeinginan melakukan proses mutasi maupun promosi jabatan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur, maka hal itu dapat dilakukan saat ini," ujarnya.
Sementara itu, bupati Indra Yasin mengapresiasi kinerja KPU secara keseluruhan.

Ia pun menyampaikan terima kasihnya, atas kerja keras seluruh komisioner KPU di kabupaten itu, termasuk seluruh perangkatnya di kecamatan hingga desa, yang telah menyukseskan seluruh tahapan Pemilu 2019, berjalan aman dan damai.

"Kinerja ini sangat maksimal dan diharapkan KPU tetap terdepan melaksanakan tugas-tugasnya serta tetap dalam koridornya," ujar bupati.

Terkait ASN yang diperbantukan di sekretariat KPU Kabupaten kata bupati, memang diperlukan penyegaran, menghindari kejenuhan akibat berada di satu unit kerja dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, promosi jabatan pun diperlukan untuk meningkatkan karir setiap ASN dalam rangka mendorong kinerja mereka, termasuk menjadi teladan bagi ASN lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019