Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menargetkan "Tuntas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial" pada 2015.

Artinya kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Selasa, pada 2015 tidak ada lagi masyarakat yang belum terdaftar dalam program yang akan memberikan jaminan dan kemudahan pelayanan kesehatan tersebut.

Terkait data kependudukan, ia mengatakan sementara divalidasi agar tidak ada satupun rakyat baik di ibu kota kabupaten maupun di wilayah pedalaman dan perbatasan yang tidak masuk dalam program BPJS.

Jumlah penduduk kabupaten ini mencapai 121 ribu jiwa, tersebar di 123 desa di 11 kecamatan dimana tahun ini pemerintah daerah menyiapkan 101 ribu jiwa rakyatnya agar seluruhnya sudah masuk sebagai peserta BPJS 2014.

"Validasi data terus diperkuat secara berjenjang dari dusun hingga kabupaten, dilakukan seluruh instansi teknis terkait agar 2015 tidak ada lagi penduduk yang belum terdata dan masuk sebagai peserta BPJS," ujar bupati.

Pemkab juga segera menyurati seluruh perusahaan, lembaga maupun badan usaha yang ada di kabupaten ini agar segera memasukkan data tenaga kerja agar seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJS.

Dengan demikian arget pemerintah daerah mencapai tuntas BPJS 2015, benar-benar terwujud seiring komitmen meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat untuk semakin optimal, di antaranya merehabilitasi 15 Puskesmas di seluruh kecamatan, serta melengkapi sarana dan prasarana penunjang termasuk di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Zaenal Umar Siddiqi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014