Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur menyatakan bahwa tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sembilan kabupaten di NTT akan dimulai pada 27 September 2019 mendatang

"Tahapan Pilkada serentak yang akan digelar di sembilan kabupaten di NTT sudah ditetapkan akan mulai dilaksanakan pada 27 September mendatang," kata Ketua KPU NTT, Thomas Dohu di Kupang, Jumat (19/7).

Hal ini disampaikan saat menggelar workshop peliputan pascapemilihan legislatif dan presiden di salah satu hotel di ibu kota provinsi NTT itu.

Sembilan kabupaten yang akan menggelar Pilkada serentak yakni Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Timur, Sumba Barat, Sabu Raijua, Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka.

"Saat ini kami masih mempersiapkan anggaran untuk pilkada serentak ini," tambahnya lagi.

KPU sendiri juga lanjut dia telah menetapkan jadwal pemungutan suara yang dipastikan jatuh pada 22 September 2020 tahun depan.

Pihaknya juga berharap pelaksanaan Pilkada serentak kali ini berjalan aman dan damai seperti yang terjadi pada Pemilu serentak untuk pemilu legislatif dan pilpres baru-baru ini.

Oleh karena itu ia berharap pers juga dapat membantu dengan pemberitaan-pemberitaan yang tak menimbulkan konflik seperti yang terjadi pada Pemilu baru-baru ini.

“Kami masih butuh kerjasama dengan pers untuk menyukseskan pilkada serentak 2020 nanti,” katanya. 

Pewarta: Kornelis Kaha

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019