Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, mengapresiasi kinerja seluruh penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 2019 di kabupaten/kota.

"Akhir dari seluruh tugas KPU untuk mengawal proses Pemilu legislatif sampai dengan penyampaian proses calon terpilih, sudah digelar seluruh KPU Kabupaten/Kota dengan lancar tanpa gangguan. Kinerja ini sangat diapresiasi," ujar Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, di Gorontalo, Jumat.

Ia mencontohkan lancarnya proses penetapan suara partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Gorontalo Utara, yang berjalan tanpa ada gangguan maupun tanggapan dari pihak Bawaslu maupun peserta rapat.

Ditambah lagi, Gorontalo Utara merupakan salah satu kabupaten yang tidak menghadapi sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

Itu artinya, secara normatif dan regulatif, KPU Gorontalo Utara mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal.

"Secara khusus, saya sangat mensyukuri hasil Pemilu legislatif di Gorontalo," ujarnya.
Lanjut Fadlyanto, rencananya KPU Provinsi Gorontalo, akan melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan suara partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Gorontalo, pada Sabtu (10/8) di salah satu hotel di Kota Gorontalo.

"Rencananya, rapat pleno digelar pukul 10.00 Wita, menghadirkan para undangan diantaranya, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), para saksi partai politik, serta mempersiapkan acara dengan maksimal," ujarnya.

Persiapan juga dimatangkan termasuk berita acara dan surat keputusan (SK).
Fadlyanto menjelaskan, khusus SK penetapan akan diserahkan ke perorangan calon terpilih, juga diserahkan ke pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah, untuk proses pelantikan nanti.

KPU akan menetapkan calon terpilih DPRD Provinsi Gorontalo, sementara untuk calon terpilih anggota DPR dan DPD RI, akan dilakukan KPU RI.

Ia optimistis, sebagaimana pleno penetapan di kabupaten/kota, penetapan di tingkat provinsi pun akan berjalan aman dan lancar.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019