Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, menyerahkan satu ekor sapi kurban peranakan Sumba, di Masjid Agung Baiturrahim Kwandang, di pusat ibu kota kabupaten, Minggu.

"Ini bantuan pemerintah daerah untuk masjid Agung, agar disalurkan kepada jamaah khususnya fakir miskin yang berhak menerima daging kurban," ujar Bupati Indra Yasin, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Thariq Modanggu, pada penyerahan sapi kurban berbobot 1 ton, di halaman masjid Agung Baiturrahim.

Bupati mengatakan, Idul Adha merupakan momentum ketaatan umat kepada Sang Pencipta.

"Saya berharap, Idul Adha menjadi momentum dalam meningkatkan ketaatan dan kualitas spiritual serta meningkatkan kepekaan sosial umat Islam di daerah ini," ujar Bupati.

Pantauan Antara, sapi kurban yang diserahkan Bupati Indra, menjadi tontonan warga di sekitar masjid, pasalnya pihak Badan Takmirul Masjid, terpaksa harus memanggil pawang untuk mengatasi sapi yang terlepas dari tali pengikatnya dan hampir menyeruduk para petugas penyembelihan.

Rano Tanaiyo, pengurus Badan Takmirul Masjid mengaku, pihaknya cukup kerepotan sebab sapi berukuran besar itu sulit dijinakkan.

 "Kami terpaksa memanggil pawang untuk menenangkan sapi yang berlari di halaman masjid, membuat petugas ikut berlarian menghindari tandukan sapi," ungkap Rano.

Ia memastikan, daging kurban langsung diserahkan kepada warga yang menerima kupon, untuk tertibnya pembagian.

"Setiap tahun, kami melakukan penyembelihan dan pembagian daging kurban, berasal dari sapi bantuan pemerintah maupun kelompok jamaah," ujarnya.

Bupati Indra melaksanakan sholat didampingi jajaran pemerintahan daerah setempat, juga Wakil Bupati Thariq Modanggu yang didampingi isteri dan anak-anaknya.

Sholat dihadiri ratusan jamaah yang memenuhi masjid hingga halamannya. Tuan Khadi atau imam besar Kiay Haji Hasan Tarua bertindak sebagai imam sholat dan Wabup Thariq sebagai khotib Idul Adha 1440 Hijriyah.
Sapi kurban jenis Sumba, menjadi tontonan warga sebelum disembelih di Masjid Agung Baiturrahim, Kwandang. (Foto Susanti Sako/Antaranews)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019