Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Jumlah hewan kurban untuk penyembelihan pada hari raya Idul Adha Tahun 2014 di Kabupaten Gorontalo, meningkat drastis dari tahun 2013.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Budaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Zainudin Lasido, Rabu, mengatakan, tahun 2014 ini jumlah hewan kurban untuk jenis sapi dan kambing mencapai 2.807 ekor, dibanding tahun 2013 lalu sebanyak 1.916 ekor.

Jumlah signifikan tersebut hasil dari akumulasi partisipasi masyarakat, pihak swata, perbankan dan bantuan pemerintah daerah.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 2.407 ekor sapi dan 400 ekor kambing.

Diprediksi jumlah ini akan bertambah, mengingat sebagian data dari kecamatan belum disampaikan ke pihaknya.

Pemda sendiri telah menerima sumbangan hewan kurban dari beberapa investor yang ada di daerah ini, diantaranya dari perusahaan pengelola Hutan Tanaman Industri (HTI) yang menyerahkan bantuan dua ekor sapi dan telah diterima langsung bupati David Bobihoe Akib.

Pemotongan hewan kurban ini akan terfokus di masjid Agung Baiturrahman Limboto yang ada di pusat ibu kota kabupaten, serta menyebar di seluruh masjid yang ada di setiap kecamatan.

Sebanyak 12 ekor sapi akan disembelih di masjid tersebut, yang merupakan hasil kelompok bentukan badan pengelola takmirul masjid Agung Baiturrahman ditambah hewan kurban bantuan pribadi bupati.

Zainudin mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo, dalam rangka pemeriksaan standar kelayakan hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha.

Pemerintah kecamatan dan desa pun diminta segera melaporkan jumlah hewan kurban di wilayahnya masing-masing, termasuk data hasil pemeriksaan kesehatan hewan yang akan disembelih, agar masyarakat penerima akan aman mengkonsumsinya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014