Meningkatkan kualitas layanan publik di Kantor Imigrasi (Kanin) Kelas I TPI Gorontalo, mendapat apresiasi dari masyarakat setempat.

Kepala Kanin Gorontalo Soeryo Tarto Kisdoyo mengatakan, sebagai institusi yang mengemban fungsi pelayanan publik, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, merupakan kewajiban pihaknya untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara optimal.

Menurutnya, di era sekarang ini tingginya kepuasan masyarakat terhadap layanan publik telah menjadi tujuan utama bagi setiap penyelenggara layanan, baik oleh lembaga pemerintah maupun non pemerintah.
Warga yang menunggu pelayanan di Kantor Imigrasi Gorontalo. (foto ist/humas)


"Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan suatu layanan publik adalah tingginya apresiasi yang diberikan oleh masyarakat sebagai penerima layanan tersebut," katanya, Rabu.

Kanim Gorontalo sebagai UPT yang melaksanakan layanan keimigrasian di wilayah Provinsi Gorontalo, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, seperti melakukan renovasi gedung pelayanan untuk permohonan Paspor RI dan layanan izin tinggal bagi Warga Negara Asing.
Kantor Imigrasi juga melayani warga asing. (foto ist/humas)


Kemudian ada revitalisasi ruang server, sistem antrian paspor berbasis waktu, pengajuan izin tinggal secara online, penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) bagi pengurus hotel dan penginapan lainnya, cofee/tea dan snack gratis bagi pemohon keimigrasian.

"Serta peningkatkan penyediaan fasilitas bagi pemohon berkebutuhan khusus seperti ibu hamil dan menyusui, penyandang disabilitas serta manula," tambahnya.

Selain itu dalam upaya peningkatan pengawasan orang asing di wilayah kerjanya, Kanim Gorontalo telah menjalin kerja sama dengan berbagai unsur pemerintah daerah maupun instansi vertikal lainnya dalam wadah Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) pada 5 Kabupaten dan 1 Kota hingga sampai di tingkat kecamatan.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019