Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Kota Gorontalo dan daerah sekitarnya pada Jumat-Sabtu (6-7/9), berpeluang cerah berawan.

Prakirawan BMKG Dewi Irmayanti, Kamis, memprediksikan kondisi cuaca cerah berawan ini masih akan bertahan beberapa minggu lagi.

Gorontalo berpeluang cerah berawan dengan suhu sekitar 22-33 derajat celcius, kecepatan angin sekitar 20 kilometer/jam, serta kelembaban pada posisi 55-95 persen, ujar dia.

Kondisi yang sama juga diprediksi akan terjadi di Kabupaten Bone Bolango, di mana 14 kecamatan berpeluang cerah berawan, sementara empat kecamatan berawan dan udara kabur.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengimbau masyarakat untuk berdoa agar hujan segera turun, seiring musim kemarau yang masih melanda daerah tersebut.

"Mari kita berdoa mudah-mudahan hujan segera turun, sehingga rahmat, rezeki, dan kasih sayang Allah senantiasa menaungi kita di Kabupaten Bone Bolango," ucapnya.

Musim kemarau telah melanda Kabupaten Bone Bolango beberapa bulan terakhir ini. Dampaknya, beberapa lokasi di daerah ini mulai mengalami kekeringan, seperti sebagian desa di Kecamatan Kabila Bone, Suwawa Selatan, Bulango Timur dan Suwawa.

"Dampak kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan harus jadi perhatian. Masalah kekeringan membutuhkan perhatian dari kita semua, BPBD, PDAM maupun Damkar harus terus bersiaga," katanya.

Bukan hanya persoalan air bersih, Bupati Bone bolango mengimbau agar masyarakat tetap siaga terhadap bencana. Warga yang mengalami gagal panen, diminta segera diberi bantuan, ujar dia.

 

Pewarta: Hence Paat

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019