Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang kembali meresmikan jembatan Merah Putih NKRI yang berada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo dan mulai beroperasi.

Proses pekerjaan jembatan senilai Rp3,15 miliar tersebut dikerjasamakan dengan TNI, melalui Komandan Korem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold Ritiauw.

“Kalau harus kita lelang itu makan waktu. Minimal dua bulan hanya untuk proses lelangnya. Apalagi kalau kontraktornya belum ada uang muka. Ini belum ada SPK, belum ada kontraknya, Pak Danrem sudah kerja,” ungkap Rusli Habibie di Gorontalo, Kamis.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, pembangunan jembatan Merah Putih NKRI merupakan salah satu bentuk sinergi yang dibangun oleh TNI untuk bersama-sama segenap komponen bangsa yang ada di Gorontalo dalam upaya membantu kesulitan masyarakat.

“Jembatan ini tentunya sangat membantu mobilitas penduduk dalam kegiatan sehari-hari untuk kepentingan bisnis, pekerjaan, sosial maupun pendidikan anak-anak generasi muda Desa Mekar Jaya,” tambahnya.

Gubernur Gorontalo dan Pangdam XIII/Merdeka menginginkan jembatan Merah Putih NKRI terus dijaga dan dirawat sesuai peruntukannya.

“Saya minta masyarakat memanfaatkan jembatan sebaik-baiknya demi kepentingan bersama. Tanamkan sikap dan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk merawat dan memelihara sehingga berdaya guna lebih lama dari yang seharusnya,” jelas Pangdam.

Jembatan tersebut sebelumnya telah diresmikan gubernur pada Rabu (4/8).

Jembatan itu memiliki panjang 15 meter, lebar jalan 6 meter dan trotoar kiri-kanan selebar 1 meter.

Bangunan atasnya merupakan Gelagar Beton Bertulang (Balok T), sementara untuk bangunan bawahnya berjenis beton dengan pondasi sumuran diameter dua meter.

Selain peresmian jembatan, Pemprov Gorontalo juga menyerahkan Rumah Layak Huni sebanyak 16 unit.

Sementara Pemkab Boalemo menyerahkan 10 unit kendaraan bermotor untuk Babinsa yang bertugas di Kabupaten Boalemo.

Gubernur dan Pangdam juga meninjau lahan lokasi pembangunan Kodim Boalemo seluas 9,7 hektare.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019