Pemerintah Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua belajar pengawasan, khususnya pelaksanaan Majelis Penyelesaian Kerugian Daerah (MKPD) dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Kunjungan kerja Pemkab Yahukimo dipimpin Asisten I Abubakar Fara dan diterima Inspektur Daerah Provinsi Gorontalo Iswanta di ruang kerja Inspektur, Senin.

Abubakar mengatakan pihaknya ingin melihat secara langsung keberhasilan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dalam bidang pengawasan.

“Selama ini terkait dengan penyelesaian kerugian daerah, pemerintah Kabupaten Yahukimo belum melaksanakan Sidang MPKD. Untuk itu kami ingin belajar dari Provinsi Gorontalo yang sudah melaksanakan sidang tersebut”, ungkapnya.

Inspektur Daerah Provinsi Gorontalo Iswanta, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Yahukimo atas kunjungan kerjanya di daerah itu.

Pihaknya akan membantu Pemerintah Kabupaten Yahukimo terkait pelaksanaan kegiatan-kegiatan di bidang pengawasan.

Iswanta juga menyarankan kunjungan itu jangan hanya terbatas pada kegiatan MPKD, tetapi juga kegiatan pengawasaan lainnya seperti penerapan aplikasi dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan dan Identifikasi Risiko yang sudah berbasis sitem informasi.

“Saya juga berharap dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Gorontalo selain studi banding terkait pengawasan, juga dapat juga mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di sini," katanya.

Studi banding itu dilakukan dengan simulasi Sidang Majelis Penyelesaian Kerugian Daerah (MPKD), untuk melihat tahapan dan tatacara sidang.

Inspektur Daerah Kabupaten Yahukimo Paulus Mita berharap kerjasama antar kedua daerah akan terus berlanjut.

Pihaknya melakukan studi banding ke daerah itu, karena Provinsi Gorontalo sebagai Pemerintah Daerah Provinsi dengan Predikat II Kinerja Pengawasan Terbaik Tahun 2019, dan merupakan satu-satunya pemerintah provinsi di luar Pulau Jawa yang meraih prestasi tersebut.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019