Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengikuti masa orientasi anggota DPRD, yang digelar bagi anggota DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, tahun 2019, oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, Selasa.

"Ini adalah masa dimana kami diajarkan tentang berbagai hal yang berhubungan erat dengan tugas-tugas kedewanan yang akan dijalankan," ujar anggota DPRD Gorontalo Utara, periode 2019-2024, Matran Lasunte, di Gorontalo, Selasa.

Baginya, meski pernah mengikuti masa orientasi yang sama setelah terpilih pada Pemilu Legislatif untuk periode 2014-2019, tetapi masa orientasi saat ini berbeda dengan sebelumnya.

"Ilmu dan pengetahuan yang dibagikan tentu yang terbaru dan lebih beragam, termasuk materi-materi tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan, tetap menjadi prioritas," ujarnya.

Ia berharap orientasi itu akan menjadi bekal selama menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, serta menjadi ilmu untuk seterusnya diamalkan dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat.

Senada dengan itu, Jerri Kiswanto, anggota legislatif muda yang baru terpilih sebagai anggota DPRD Gorontalo Utara, dari Daerah Pemilihan III, Sulamata, Sumalata Timur, Biau dan Tolinggula atau wilayah barat di pesisir utara Gorontalo itu, mengatakan, sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Ia pun tertarik mengikuti seluruh materi, diantaranya muatan lokal tentang isu-isu aktual terkait pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme, termasuk tentang pertanggungjawaban keuangan daerah dan penanganan korupsi di daerah.

Beragam materi tersebut tidak hanya menambah wawasan bagi para anggota DPRD, khususnya dia dan 12 anggota baru lainnya di DPRD tersebut.

Diharapkan materi-materi pada masa orientasi akan menjadi pedoman bagi mereka untuk memaksimalkan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat, terkait fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Banyak hal yang akan dipelajari di masa orientasi ini, termasuk tentang hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, internalisasi integritas dan Sistem Pemerintahan Indonesia.*
 
Para anggota DPRD Gorontalo Utara, bersama para anggota DPRD Kabupaten dan Kota se-Provinsi Gorontalo, mengikuti masa orientasi yang digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019