Warga Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, mengharapkan program pemerintah pusat lebih memprioritaskan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah-daerah.
   
"Termasuk di daerah kami, yang memerlukan penguatan terhadap aktivitas usaha di sektor riil yang banyak dilakoni masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Rizan Demanto, warga Desa Dulukapa, Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara, Sabtu.
   
Ia mengaku, sangat antusias menyambut pemimpin baru negeri ini, hasil Pemilu 2019 yaitu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH.Ma'ruf Amin, yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan atau periode 2019-2024.
   
"Kami di daerah sangat berharap, suasana pelantikan nanti berjalan lancar, aman dan damai," ungkap penggiat UKM itu.
   
Pemerintah Pusat dibawah kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kata dia, diharapkan lebih banyak membangun program-program produktif di wilayah pesisir.
   
"Banyak pelaku UMKM di daerah ini, namun belum tersentuh bantuan pemerintah daerah secara merata, tak heran perputaran perekonomian sangat lambat," ujar Rizan.
   
Presiden Joko Widodo, diharapkan memprioritaskan pertumbuhan UMKM.
   
Kompleksitas kendala yang dihadapi para pelaku UMKM di daerah itu kata Rizan, diantaranya mahalnya bahan baku, minim modal serta sulitnya pemasaran.
   
Kendala lainnya, yaitu keterbatasan teknologi, serta tidak memiliki izin usaha resmi.
   Ke depan, kami berharap pemerintah pusat mampu mengintervensi para pelaku UMKM secara merata, menjangkau daerah-daerah terluar, seperti di kabupaten ini, imbuh Rizan.
   
Ia mengaku, memberi harapan yang tinggi untuk pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan KH.Ma'ruf Amin.***
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019