Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyerahkan usulan Ranperda APBD tahun 2019 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Syam T Ase di sela-sela sidang rapat paripurna.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Rabu, mengatakan agenda sidang tersebut memiliki makna penting dan sangat strategis, bagi kesinambungan proses pembangunan di Kabupaten Gorontalo kedepan.

"Hari ini kita merumuskan bersama kebijakan anggaran Kabupaten Gorontalo untuk tahun 2020 sebagai tahun ke empat pelaksanaan RPJMD dalam upaya mewujudkan Kabupaten Gorontalo gemilang," ujar Nelson.

Menurutnya, dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, tahun 2020 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMN 2020-2024. Pemerintah dalam rencana kerja 2020 mengusung tema “ Peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas”.

Dengan titik berat pembangunan diarahkan, pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, Infrastruktur dan pemerataan wilayah, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air dan energi serta lingkungan hidup.

"Dalam bingkai pemerintahan yang harmonis maka sudah selayaknya tercipta sinkronisasi dan keselarasan antara tujuan pembangunan daerah,dengan tujuan pembangunan nasional," ungkap dia.

Karena itu kata Nelson, Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam RKPD 2020 telah menetapkan tema pembangunan peningkatan nilai tambah sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang inklusif.

"Dengan Fokus utama pembangunan menitiberatkan pada penanggulangan kemiskinan dan sumber daya manusia, infrastruktur dan lingkungan hidup, pertanian terpadu dan ekonomi kreatif," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019