Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, disampaikan Wakil Ketua II, Hamzah Sidik, Sabtu, berharap pemerintah kabupaten (pemkab) mampu menghimpun putra-putri asal daerah ini yang sementara belajar di luar daerah, untuk membantu mempromosikan pariwisata daerahnya.

"Kami berharap, pemkab menginisiasi pembentukan komunitas mahasiswa asal Gorontalo Utara, untuk diajak berperan mempromosikan banyak objek wisata di daerah ini," ujar politikus Golkar itu.

Dalam kunjungannya di beberapa objek wisata, di antaranya wahana arung jeram di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, Hamzah menilai, sangat potensial menjadi destinasi baru untuk Indonesia.

Maka kegigihan untuk mempromosikan objek-objek wisata yang dimiliki, perlu secara masif termasuk mengajak peran pelajar dan mahasiswa asal Gorontalo Utara yang sedang menuntut ilmu di luar daerah, untuk ikut mempromosikannya.

Kabupaten tersebut kata Hamzah, memerlukan strategi khusus untuk mengembangkan sektor pariwisata yang dimiliki.

Menurut dia, potensi pariwisata di daerah itu, tidak kalah dengan daerah lainnya, maka harus melakukan terobosan dengan banyak strategi untuk mengenalkannya kepada nusantara dan dunia.

Meskipun beberapa objek wisata yang ada telah dikenal dunia, seperti Pulau Saronde, namun perlu ada objek wisata lainnya yang layak dipromosikan, agar semakin banyak wisatawan datang ke daerah ini.

"Semakin banyak objek wisata yang dikenalkan, bukan mustahil akan mengundang banyak pelaku usaha atau investor untuk membenamkan modalnya mengembangkan destinasi wisata daerah ini," ujar Hamzah.

Dampaknya pun kata dia, dipastikan cepat dirasakan masyarakat khususnya dalam menopang pertumbuhan ekonomi mikro yang banyak digerakkan para pelaku usaha kecil dan menengah.

DPRD pun tuturnya, senantiasa mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

Termasuk infrastruktur dan penguatan sumber daya manusia (SDM) yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pendapatan asli daerah.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019