Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar pameran mini bagi para pelaku UKM/UMKM, di Hotel Damhil Kota Gorontalo.

Kepala Bappeda setempat, Farida Minti, di Gorontalo, Selasa, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program bidang penelitian dan pengembangan daerah, sub bidang inovasi dan teknologi tepat guna (TTG).

Pameran digelar untuk memfasilitasi para pelaku UKM/UMKM dalam mengenalkan produk-produk yang dihasilkan, memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah itu.

Mulai dari potensi perikanan dan kelautan, pertanian, perkebunan, termasuk produk-produk inovasi dari bahan olahan pangan maupun kerajinan tangan dan produk TTG di bidang penerangan dan pertanian.

Bappeda juga menggelar workshop terkait inovasi cerdas "Smart Innovation", yang bertujuan mendorong pelaku UKM/UMKM agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan siap bersaing di pasar global.

Sementara itu, Wakil Bupati Thariq Modanggu, yang ikut menghadiri kegiatan pameran dan workshop tersebut, mengaku sangat mengapresiasi pameran mini yang diikuti puluhan pelaku UKM/UMKM di kabupaten tersebut.

"Ternyata banyak produk inovasi UMKM di daerah ini, bahkan para pelakunya punya keinginan yang kuat untuk berproduksi termasuk mengikuti pameran, meski pelaksanaannya cukup singkat atau hanya dua hari," ujarnya.

Ia mengaku, pemerintah daerah akan terus mendorong iklim inovasi mengingat banyak potensi daerah yang belum dikembangkan.

Termasuk akan menggalakkan inovasi mulai dari level organisasi perangkat daerah (OPD) hingga mampu menciptakan iklim inovasi dan investasi yang baik.***
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu (tiga dari kiri), hadir pada kegiatan pameran mini UKM/UMKM.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019