Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto menyampaikan bahwa ada tiga pelajaran penting perjalananan ekonomi 2019 yang dapat dipetik sebagai strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Strategi ini dapat digunakan dalam menghadapi menurunnya globalisasi dan meningkatnya digitalisasi untuk memperkuat ketahanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia maju ke depan," ujarnya saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Gorontalo, Selasa.

Pertama, sinergi bauran kebijakan makro ekonomi dan sistem keuangan antara Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, OJK dan instansi vertikal lainnya perlu terus kita perkuat.

Kedua, peningkatan transformasi ekonomi untuk mendukung pertumbuhan yang lebih tinggi melalui hilirisasi industri untuk peningkatan nilai tambah dari pengolahan sumber daya alam.

"Baik sektor primer seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dan perdagangan maupun sektor pariwisata dan industri pengolahan yang telah menunjukkan kontribusi positif bagi perekonomian Gorontalo," ujarnya.

Ketiga, inovasi dalam ekonomi dan keuangan digital sebagai salah satu sumber ekonomi baru. Pesatnya arus digitalisasi memberikan peluang bagi Gorontalo untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan digital mampu memperkuat keterhubungan antar agen ekonomi dari konsumen, UMKM, hingga korporasi besar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019