Dharma Wanita Persatuan (DWP) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi menjadi agen Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) di daerah itu.

"Ini adalah bentuk inovasi yang sangat brilian dan patut diapresiasi, sebab gerakan Sadar Adminduk tidak hanya didengungkan pemerintah kabupaten dan disosialisasikan oleh para aparatur di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), namun organisasi ini mampu menggandeng para ibu untuk menjadi agen tuntas administrasi kependudukan di daerah ini," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, Jumat, membuka kegiatan sosialisasi kebijakan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten dan Unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kecamatan dalam melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Go Digital Gorontalo Utara.

Menurutnya, kerja sama antara Disdukcapil dengan DWP Kabupaten, tidak sekedar di atas kertas, namun para anggotanya perlu dilatih dan dibekali ilmu untuk menjadi agen Sadar Adminduk yang mampu mendorong para aparatur sipil negara termasuk honorer daerah, untuk menuntaskan administrasi kependudukan.
Mulai dari lingkungan organisasi perangkat daerah tempat suami mereka (anggota DWP, red) bertugas, hingga menjadi agen Sadar Adminduk di lingkungan rumah masing-masing.

Sekda berpesan, agar para anggota DWP Kabupaten hingga kecamatan, ikut proaktif melakukan pengawasan hingga ke tingkat dusun, agar dalam pendaftaran dan pencatatan, disertai dengan kelengkapan data untuk memudahkan pelayanan dan mempercepat penuntasan adminduk.

"Jangan sampai ada data mentah atau kurang lengkap yang dimasukkan sehingga pelayanan menjadi tidak maksimal diberikan oleh pihak Disdukcapil," ujar Sekda memuji inovasi Kepala Disdukcapil Kardiat Tomayahu tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DWP Kabupaten, Sumaya Parimalang Yasin dan para pengurus serta anggota DWP Kabupaten hingga kecamatan.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil setempat, Kardiat Tomayahu mengatakan, sebelumnya telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara pihaknya dengan DWP Kabupaten, dalam rangka membangun kemitraan menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk di kabupaten tersebut.

Rencananya tahun 2020 nanti, pihaknya akan membangun kerja sama serupa, dengan organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten hingga dusun.***
Sosialisasi kebijakan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten dan Unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kecamatan dalam melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Go Digital Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019