Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara mengupayakan akurasi data kependudukan, untuk mendukung pembangunan di seluruh sektor.

Bupati Indra Yasin, Kamis, mengatakan, hal tersebut telah ditegaskannya kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, agar akurasi dan validasi data kependudukan terus dilakukan.

"Saya telah meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk segera merilis data kependudukan yang akurat dan valid agar tidak ada lagi kesimpangsiuran data," ujarnya.

Bupati mengaku, data kependudukan maupun kondisi masyarakat yang dipegang Dinas Kesehatan, Dinas Sosial serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, haruslah sama dan akurat.

Rilis data kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sangat penting sebagai acuan bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar tidak terjadi kesalahan penyajian data, sebab telah terjadi sinkronisasi data kependudukan.

"Saya mewajibkan seluruh SKPD menggunakan data yang dirilis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten ini, agar seluruh data sinkron dan tidak terjadi tumpang tindih maupun salah sasaran penyaluran program pemerintah," ujar bupati.

Ia pun meminta seluruh SKPD di pemerintahan daerah ini, melakukan pertemuan terkait koordinasi data kependudukan agar tidak lagi terjadi perbedaan.

Termasuk kesamaan dan keseragaman data dalam penyusunan profil perkembangan kependudukan tahun 2014 di daerah ini.

Bupati berharap petugas pendataan intensif melakukan pencermatan terhadap data penduduk yang lahir, meninggal, pindah maupun yang masuk ke kabupaten ini.

"Agar akurasi dan validasi data kependudukan terus terbarukan," ujarnya.

Terkait penyusunan profil kependudukan kata bupati sangat penting, untuk memperoleh data kependudukan yang baik dan benar serta mampu dipertanggungjawabkan.

Seluruh SKPD pun diminta turut mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat, terkait prosedural layanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cepat dan tidak berbelit-belit, agar mereka tidak enggan melaporkan data terkini yang dimiliki setiap keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kardiyat Tomajahu mengatakan, pihaknya sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang data kependudukan, termasuk menyiapkan data secara akurat.

Bahkan pada tahun 2015 nanti, direncakanan data kependudukan kabupaten ini, bisa di akses melalui internet atau sistem on-line.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014