Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango dan Ehime University, Jepang, memantapkan kerja samanya dengan menandatangani nota kesepahaman.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, Rabu, mengatakan, kerja sama ditawarkan pihak Ehime adalah implementasi dari penelitian bersama melalui kerja sama meliputi bidang lingkungan hidup, pertambangan, perikanan, pertanian, pariwisata, pendidikan, budaya, dan kesehatan.

Selain itu, pertukaran peneliti, dosen, pegawai, pemuda, dan mahasiswa oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dan Ehime University pada berbagai bidang yang berkaitan dengan penelitian bersama.

"Selanjutnya, publikasi hasil-hasil penelitian dari kerja sama bersama, rekomendasi ke pihak pertama oleh pihak kedua dan pihak ketiga berdasarkan hasil-hasil penelitian bersama tersebut, dan kerja sama antara ketiga pihak dalam pengembangan sumber daya manusia," kata Ishak.

Dengan ruang lingkup kerja sama yang ditawarkan itu lanjut Ishak, diharapkan dapat dibagi dalam tiga tahap, yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Ishak menambahkan, penandatanganan nota kesepahaman akan ditandatangani bersama dengan Gubernur, Rektor UNG dan para Bupati yang bekerja sama.

"Penandatanganan MoU direncanakan di Jepang sehingga dari Gorontalo bisa melihat aktivitas kampus Ehime University Jepang," ujar Ishak Ntoma.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014