London, (ANTARA/AFP) - Raheem Sterling menghapus tekanan terhadap pelatih Brendan Rodgers ketika Liverpool melaju ke semifinal Piala Liga Inggris berkat kemenangan 3-1 atas pemuncak klasemen Championship Bournemouth pada Rabu (Kamis pagi WIB).

Rodgers diterpa banyak kritik pada beberapa pekan terakhir setelah Liverpool terpuruk di klasemen Liga Utama Inggris dan tersingkir di fase grup Liga Champions.

Kekalahan 0-3 di markas rival abadi Manchester United pada Minggu memicu Rodgers untuk mengakui bahwa tim Liverpool kekurangan kesatuan yang membawa mereka nyaris meraih gelar Inggris pada musim lalu.

Dalam situasi itu, kekalahan memalukan dari Bournemouth yang tampil di kompetisi strata kedua akan menjadi pukulan keras bagi harapan-harapan Rodgers untuk mempertahankan pekerjaannya, namun ia mampu meninggalkan Dean Court dengan kepala tegak di mana dua gol Sterling mengapit gol sumbangan Lazar Markovic pada perempat final yang berlangsung berat sebelah itu.

"Saya pikir itu merupakan penampilan brilian. Ini akan selalu menjadi pekerjaan yang sulit, namun kami mengendalikan permainan. Kami layak melaju," kata Rodgers, yang timnya akan menghadapi Chelsea pada dua pertandingan semifinal yang akan berlangsung pada Januari.

"Raheem Sterling belakangan ini begitu lekat dengan apa yang saya sebut luar biasa. Ia merupakan pemuda berusia 20 tahun dan ia begitu mengagumkan untuk kami."
   
"Tidak masalah hasil undian menghadapkan kami dengan siapa, yang penting adalah berada di sana - untuk memenangi kompetisi ini Anda harus memenangi pertandingan-pertandingan melawan tim-tim besar."
   
Meski mengalami sejumlah kesulitan belakangan ini, Liverpool meraih kemenangan di Dean Court pada Piala FA musim lalu dan, setelah pemain Bournemouth Callum Wilson menyia-nyiakan peluang bagus, tim tamu mengendalikan permainan.

Penyerang Inggris Sterling membuka gol melalui tandukan kepala dari jarak dekat setelah Jordan Henderson menyodorkan bola umpan silang Markovic melintasi gawang pada menit ke-20.

Rasa lega Rodgers terlihat jelas ketika ia merayakan gol pertama Sterling sejak September dengan meninju udara di pinggir lapangan.

Dan, dengan Si Merah meneror pertahanan Bournemouth sepanjang waktu, Rodgers kembali berdiri tujuh menit kemudian untuk merayakan gol kedua Liverpool.

Philippe Coutinho mengabaikan pancingan Bournemouth terhadap offside ketika ia bergerak memotong untuk menguji Artur Boruc dengan tembakan mendatar, dan ketika bola mengarah kepada Markovic, pemain sayap Serbia ini bersikap tenang untuk menyambar bola yang menjadi gol pertamanya untuk Liverpool dari tepi kotak penalti.

Dengan para penggemar Liverpool yang menyuarakan dengan jelas dukungan mereka terhadap Rodgers, Sterling berlari ke gawang untuk menyarangkan gol ketiga timnya pada menit ke-51 ketika ia melewati Tommy Elphick sebelum mencetak gol.

Mantan gelandang Everton Dan Gosling memberikan satu gol untuk Bournemouth pada menit ke-57, ketika tembakannya melewati upaya penyelamatan lemah dari Brad Jones.

Pada pertandingan perempat final lain yang dimainkan pada Rabu, Tottenham menghancurkan Newcastle United dengan skor 4-0 di White Hart Lane, ketika The Magpies merasakan lebih banyak kesedihan dari lawannya yang berasal dari London utara.

Lima hari setelah kalah 1-4 di markas Arsenal, pasukan Alan Pardew berada di jalur untuk menelan kekalahan berat lainnya mulai menit ke-18.

Jak Alnwick, kiper 21 tahun yang melakukan penampilan ketiganya untuk Newcastle, gagal menangkap bola tendangan sudut dan membuat bola bergulir ke gelandang Nabil Bentaleb, yang memasukkan bola dari jarak tiga meter untuk menjadi gol pertamanya bagi Tottenham.

Newcastle kembali kemasukan saat babak kedua baru bergulir 36 detik, ketika Nacer Chadli melepaskan tembakan akurat ke sudut gawang Alnwick.

Harry Kane memastikan kemenangan timnya ketika penyerang Tottenham itu melepaskan tembakan melewati Alnwick pada menit ke-65, dan penyerang Spanyol Roberto Soldado menambahi gol keempat lima menit kemudian.

Pada semifinal, Tottenham akan menghadapi tim strata ketiga Sheffield United, yang menikmati kemenangan mengejutkan 1-0 atas Southampton pada Selasa.  
   
"Kami memiliki rasa hormat untuk Sheffield United. Mereka layak berada di semifinal. Kami mengharapkan pertandingan berat," kata pelatih Tottenham Mauricio Pochettino.

Juga pada Selasa, pemuncak klasemen Liga Utama Inggris Chelsea melaju ke empat besar melalui kemenangan 3-1 di markas tim Championship Derby.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014