Wakil Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu, untuk menciptakan produk unggulan berbasis potensi daerah.

"Produk-produk UMKM juga menjadi salah satu daya tarik para wisatawan datang berkunjung ke daerah ini," ujar Wabup Thariq, di Gorontalo, Minggu.

Pemerintah daerah akan mendorong penciptaan ekosistem UMKM yang baik dalam menunjang sektor pariwisata daerah.

Rencananya, akan dibangun plaza UMKM berlokasi di area "Kwandang Water Front City" yang akan menjadi salah satu spot unggulan dalam pengembangan wilayah pesisir sebagai daya tarik di sektor pariwisata.

Plaza tersebut akan menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur yang memberi kesempatan kepada para pelaku UMKM mendapat suplai dari pembangunan di daerah ini.

Jika saat ini melalui instansi teknis terkait, pemerintah daerah berupaya mendukung para pelaku UMKM dengan menggelar berbagai jenis pelatihan agar dapat menghasilkan produk-produk berkualitas yang akan menjadi ikon unggulan daerah.

Maka ditargetkan, para pelaku UMKM akan memiliki ruang khusus dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan, untuk perluasan pasar sesuai yang diharapkan.

Sudah ada beberapa pelaku UMKM yang berhasil, seperti mengembangkan produk-produk olahan berbahan baku rumput laut.

Pemerintah daerah pun memastikan memberi kemudahan terhadap perizinan produk-produk UMKM agar pemasarannya tidak hanya di tingkat lokal atau desa-desa, namun dapat meluas hingga nusantara.

Program-program strategis yang akan menguntungkan antar sektor, seperti produk-produk UMKM yang dapat dipasarkan di beragam agenda pariwisata atau di seluruh destinasi wisata daerah ini, juga akan didorong pengembangannya.

Pemerintah daerah pun tambah Thariq, akan berupaya melahirkan kebijakan-kebijakan yang akan berpihak pada para pelaku UMKM, khususnya dalam hal perizinan, baik produksi dan pemasaran.

Sebanyak 3.700 pelaku UMKM di daerah ini, artinya ada 3.700 produk yang dihasilkan, maka pemerintah daerah akan berupaya menciptakan pasar bagi produk-produk yang dihasilkan, serta mendorong ekosistem UMKM yang sehat, berkelanjutan dan menyejahterakan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020