Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, siap menyambut kunjungan Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wempi Wetipo, yang dijadwalkan tiba di Gorontalo Utara pada Kamis, 27 Februari 2020, pukul 14.00 Wita.

"Saya sudah mengunjungi beberapa proyek infrastruktur yang dipersiapkan dalam rangka kunjungan di kabupaten ini. Kita menargetkan tiga lokasi persiapan pembangunan infrstruktur yang akan dikunjungi pak Wamen," ujar Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Rabu, usai melakukan pertemuan dengan ketua DPRD setempat, Djafar Ismail.

Bupati mengatakan, kunjungan tersebut sangat diharapkan daerah terbungsu ini, mengingat banyak proyek infrastruktur yang pembangunannya tidak dimampui oleh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten, sehingga sangat diharapkan mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah pusat.
Seperti rencana pembangunan jembatan penyeberangan dari Kecamatan Kwandang ke Kecamatan Ponelo Kepulauan, sepanjang 600 meter.

Pembangunan jalan sepanjang 32 kilo meter yang akan menghubungkan dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Anggrek di Kecamatan Anggrek dan Pelabuhan Kwandang.

Jalan penghubung antara dua pelabuhan itu dinilai penting direalisasikan kata bupati, sebagai upaya meningkatkan perekonomian daerah, juga diharapkan menunjang terealisasinya kawasan ekonomi khusus (KEK) dan mendukung percepatan pembangunan kabupaten ini, yang telah ditetapkan sebagai daerah perbatasan strategis nasional.

Wamen pun diharapkan meninjau realisasi pembangunan rumah susun (rusun) Ombulodata, di Kecamatan Kwandang.

Bupati berharap, mendapat kesempatan yang banyak untuk menyampaikan program-program pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan pemerintah daerah, namun untuk merealisasikannya memerlukan dukungan alokasi anggaran dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian PUPR.

"Kami juga berupaya melakukan sinergitas yang lebih cepat dengan pemerintah pusat, untuk merealisasikan program-program pembangunan infrastruktur yang akan menunjang keberadaan kabupaten ini sebagai wilayah perbatasan strategis nasional," ungkap bupati. ***
Indra Yasin, Bupati Gorontalo Utara, beserta pimpinan perangkat daerah, melakukan pertemuan dengan ketua DPRD setempat, Djafar Ismail, diantaranya membahas persiapan kunjungan Wamen PUPR, pada 27 Februari 2020. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020