RSUD Dunda Limboto, Kabupaten Gorontalo menyiapkan sembilan ruangan isolasi bagi pasien yang terinfeksi wabah virus corona baru atau COVID-19.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus memberikan perhatian dalam penanganan virus corona.

"Ada ICU corona sudah siap, semuanya ada sembilan ruangan, satu ruangan berisi tujuh pasien, dan dua ruangan sendiri-sendiri," ujarnya.

Ia menjelaskan, rumah sakit melakukan penanganan, pemeriksaan dan penyembuhan, atau dirujuk, awasi atau pantau. Tenaga medis, dokter, perawat dan bahkan alat pelindung diri juga sudah siap.

"Sambil juga kita siapkan intensif bagi para tenaga medis, bersumber dari pusat dan daerah serta asupan makanan bergizi bagi mereka juga kita siapkan. Saya tidak ingin mereka terpapar disaat harus menangani pasien terdampak corona," ungkapnya.

Untuk memastikan penanganan virus corona, kantor-kantor OPD lainnya pun ditinjau kesiapannya. Sistem protokol kantor –kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo disiapkan dengan baik.

Mulai dari penyiapan alat cuci tangan, alat tes suhu badan di Dinas Kesehatan, Perpustakaan, Dinas Sosial, Badan Kesbang serta gedung farmasi Kabupaten Gorontalo.

"Kita harus atur protokol sistem pelayanan. Masyarakat yang dilayani sebelum masuk kantor diarahkan ke tempat cuci tangan, kemudian dilakukan tes suhu badan, jangan bersalaman dan diupayakan untuk menjaga jarak dan terpenting lagi kebersihan lingkungan kantor," tegasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020