Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran, mendorong para tim medis untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) berstandar WHO, selama bertugas di tengah wabah COVID-19 saat ini.

"Para tenaga medis harus memperhatikan keselamatan mereka selama memberikan pelayanan. Kalau petugas medis sakit apalagi sampai terpapar COVID-19, tentu sangat berdampak pada layanan kesehatan khususnya di daerah ini," ujar Roni, di Gorontalo, Selasa.

Maka pihaknya kata dia, melalui bantuan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, menyalurkan APD di puskesmas-puskesmas yang ada di pintu masuk ke Gorontalo, baik melalui darat dan laut.

Seperti yang diserahkan di Puskesmas Ilangata, Kecamatan Anggrek, yang berada di dekat pelabuhan Anggrek, sebagai salah satu pintu masuk melalui laut.

Kerentanan terhadap penyebaran COVID-19, juga dihadapi puskesmas itu.

Jika ada insiden-insiden yang tidak diharapkan terjadi di pelabuhan barang ekspor impor tersebut, maka fasilitas kesehatan terdekat yaitu di puskesmas Ilangata.

Seluruh tim medis harus dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar WHO untuk pelayanan COVID-19.

"Kami segerakan penyaluran bantuan APD melalui fraksi NasDem, untuk meneruskan bantuan dari Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, dengan harapan seluruh tim medis dapat melayani pasien dengan kondisi yang baik, terlindungi atau tidak mudah terpapar COVID-19," ungkap Roni. Didampingi ketua fraksi NasDem DPRD setempat, Mikdad Yeser dan para anggotanya, bantuan APD, masker, kaca mata google, plastik transparan pelindung wajah, hand sanitizer, serta alat pengukur suhu
"thermo gun" disalurkan ke puskesmas tersebut.

Bantuan yang sama juga disalurkan untuk para tim medis di posko terpadu percepatan dan penanggulangan COVID-19 di perbatasan Gorontalo-Sulteng, yang ada di Kecamatan Tolinggula.

Roni bahkan mengaku senang, seluruh bantuan yang disalurkan langsung dikenakan para tim medis.

Penyerahan bantuan paket APD tersebut diterima langsung Camat Tolinggula, Rizal Yusuf Kune.***
Roni Imran, Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, dari fraksi NasDem, didampingi para fungsionaris DPW NasDem Provinsi Gorontalo, menyerahkan bantuan APD kepada para tim medis di Puskesmas Ilangata, Kecamatan Anggrek. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020