Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengadakan tes cepat COVID-19 kepada puluhan jamaah yang hadir pada kegiatan keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu, Jumat, di Limboto. 

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Roni Sampir mengatakan mereka adalah rekan dari pasien 01 yang dinyatakan positif usai kembali dari kegiatan tersebut.

"Di Provinsi Gorontalo terdapat 300 orang yang ikut jamaah tablig ini, dan khusus Kabupaten Gorontalo ada 81 orang, dan saat ini sudah 60 orang dan sisanya akan kita lacak dan lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Ia menjelaskan jika setelah dilakukan pemeriksaan maka mereka akan dikarantina di mes haji Provinsi Gorontalo.

"Hasil dari tes cepat (rapid test) ini akan kita umumkan, dan sementara kita belum menemukan yang positif," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan semua jamaah tablig yang hadir di Gowa akan dibawa ke mess haji dan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Saya melakukan pemeriksaan di Kabupaten Gorontalo ini agar segera mengetahui hasilnya dan menjadi data bagi Pemerintah Provinsi," katanya.*
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tes cepat (rapid test) kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan beberapa waktu lalu di Gowa, Sulawesi Selatan di Sport Centre Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Jumat (10/4/2020). Pemerintah setempat melakukan tes cepat kepada 60 warga usai pasien pertama dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari kegiatan tersebut. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020