Gorontalo,  (ANTAR GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, menyatakan sangat mendukung penempatan transmigrasi lokal di daerah itu yang diprogramkan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Kementerian Transmigrasi.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara mendukung penuh program Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Kementerian Transmigrasi tentang pembangunan kawasan transmigrasi di daerah ini," ujar bupati di Kwandang, Sabtu,.

Menurut ia, rencana strategis dua Kementerian tersebut memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Namun penempatan masyarakat peserta transmigrasi kata bupati, harus warga lokal itu sendiri khususnya masyarakat yang belum memiliki lahan atau rumah.

"Lokasi dan lahan yang terbatas menjadi pertimbangan utama yang harus diperhatikan," ujar bupati.

Sehingga masyarakat atau penduduk lokal yang harus didahulukan dalam penempatan trasmigrasi, mengingat masyarakat daerah ini masih banyak yang memiliki lahan tidak produktif.

Program transmigrasi dipastikan akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya petani agar mendapatkan lahan strategis dan subur.

Prioritas penduduk lokal dalam program transmigrasi di daerah ini kata bupati, telah ia sampaikan pada acara moratorium penempatan transmigrasi Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang dilaksanakan di Kementerian PDT, dihadiri Gubernur Rusli Habibie dan para bupati dari Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015