Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mengharapkan jajaran kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kinerjanya, terutama sebagai penegak dan pengamanan kebijakan pemerintah di daerah.

"Satpol PP harus berperan penuh dalam pengamanan kebijakan Pemda, serta menjamin ketenteraman dan ketertiban umum," kata Asisten I Pemkab Bone Bolango, Djamaludin Wartabone, pada rapat koordinasi (Rakor) sekaligus silaturahim jajaran Satpol PP Bone Bolango dengan Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Bimas) Polres Bone Bolango.

Wartabone mengatakan, Satpol PP sebagai ujung tombak pengamanan kebijakan pemda, sehingga ia meminta kepada seluruh anggotanya untuk menanamkan dalam diri mereka masing-masing bahwa tugas pokoknya itu apa.

"Satpol itu beda dengan Satpam maupun dengan pengamanan lainnya. Anda itu tugas pokoknya adalah pengamanan kebijakan Pemda. Atribut saudara-saudara itu diatur dengan peraturan pemerintah, tidak semudah orang menggunakan pakaian atribut, lambang dan lain sebagainya," katanya.

Sebagai ujung tombak, Satpol PP itu diharapkan dapat bekerja dengan baik dalam melakukan pengamanan kebijakan pemerintah daerah.

Tentu dalam melakukan pengamanan kebijakan pemda tersebut, anggota Satpol PP harus memiliki sikap yang cakap. Tingkah dan perilaku pun harus mencerminkan kedisiplinan, karena hal ini akan meningkatkan kewibawaan anggota Satpol PP itu sendiri.

Pemkab Bone Bolango juga meminta anggota Satpol PP Bone Bolango untuk bekerja lebih keras lagi untuk menegakkan dan mengamankan seluruh kebijakan pemerintah daerah, serta menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

"Kalau ada laporan masyarakat, anda sebagai anggota Satpol PP harus tanggap terhadap laporan tersebut," ujar Wartabone.

Sementara itu, Kepala Kantor Satpol PP Bone Bolango Muhamad Yamin Abbas berharap kegiatan rakor sekaligus silaturahim dengan Kasat Bimas Polres Bone Bolango Iptu Heni Rahayu itu bukan pertemuan biasa, melainkan dijadikan rutin setiap 3 bulan sekali.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015