Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, menyalurkan bantuan program rehabilitasi sosial lanjut usia "Progres Lansia" untuk 100 orang lansia di kabupaten tersebut.

"Bantuan ini merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) di setiap daerah di Indonesia, termasuk 100 lansia di kabupaten ini," ujar Thariq, di Gorontalo, Senin, usai menyerahkan bantuan tersebut, di Kecamatan Anggrek.

Seperti Siti Kodopa (75), adalah salah satu penerima bantuan senilai Rp2,7 juta per orang tersebut.

Nenek Siti serta lansia lainnya, kata Wabup Thariq, menerima bantuan dengan rincian dana bantuan sebesar Rp1,5 juta untuk bantuan lanjut usia, Rp500 ribu untuk dukungan keluarga, artinya keluarga yang merawatnya juga mendapatkan bantuan, serta dana perawatan dan terapi sosial sebesar Rp700 ribu.

Uraian dana tersebut sesuai dengan program Kemensos yang memberikan bantuan dalam bentuk empat komponen, yaitu bantuan bertujuan untuk lanjut usia atau bantu LU, dukungan keluarga, perawatan sosial dan terapi.

"Saya berharap pemanfaatan dana bantuan ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lansia penerima," ujarnya.

Termasuk diharapkan, secara bertahap seluruh lansia di daerah itu, akan mendapat bantuan yang sama.

Apalagi di tengah pandemi saat ini, Thariq selaku wakil ketua Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 dan ketua Komda Lansia Kabupaten, memberikan perhatian yang khusus bagi para lansia.

"Mereka rentan terpapar virus ini, maka perhatian yang khusus perlu diberikan untuk mencegah lansia dari virus corona jenis baru atau COVID-19," pungkasnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020