Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu menyosialisasikan pemanfaatan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kwandang di Desa Ombulodata, Kecamatan Kwandang yang akan dijadikan tempat karantina orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 yang datang dari luar daerah.

"Karena gedung sekolah ini berada dekat pemukiman, maka pemerintah daerah wajib menyosialisasikan dan memberi penjelasan juga pemahaman kepada seluruh aparat desa dan masyarakat terkait pemanfaatannya," ujar Thariq di Gorontalo, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan itu perlu dilakukan untuk memastikan masyarakat jika tempat karantina tersebut aman dari pergerakan orang di dalam untuk ke luar maupun sebaliknya.

Dengan didampingi petugas terkait dari Dinas Kesehatan, para asisten pemerintahan daerah, Kasdim 1314, dan dokter ahli, sosialisasi itu menghadirkan delapan perwakilan aparat desa dan masyarakat.

"Gedung ini telah ditata dan siap dimanfaatkan sebagai lokasi karantina bagi pemudik atau orang yang ingin masuk ke wilayah ini selama masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Sebelum ditempati, masyarakat diberikan penjelasan secara detail sebagai tindakan kooperatif pemerintah daerah terhadap keinginan aparat desa dan masyarakat yang ingin memastikan pemukiman di area tempat karantina, aman dari penularan infeksi virus corona.

Protokol ketat dipastikan berlaku selama masa karantina, di mana setiap orang yang diisolasi tidak akan mudah keluar gedung bahkan bilik masing-masing.

Untuk mengatur skenario karantina, pemerintah daerah pun mengundang secara khusus delapan perwakilan tersebut, untuk membahas poin-poin pembatasan yang akan diberlakukan, baik pembatasan pergerakan orang di dalam ruang isolasi, para pembesuk, termasuk dukungan penjagaan dari pihak TNI dan Polri, serta Satpol PP.

Dengan begitu, tambah Thariq, tidak ada lagi keraguan di masyarakat terkait dengan pemanfaatan gedung karantina untuk penanganan COVID-19 yang disiapkan pemerintah daerah, meski berada dekat pemukiman warga.
 
Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu menyosialisasikan pemanfaatan gedung SDN 4 Kwandang di Desa Ombulodata sebagai lokasi karantina dalam upaya mencegah COVID-19 di daerah itu. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020