Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Bone Bolango, masuk dalam nominasi untuk menerima dan mendapatkan penghargaan piala Adipura, setelah berdasarkan penilaian pertama (P1) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, dianggap cukup memuaskan.

"Saat ini Kabupaten Bone Bolango sudah mendapatkan poin 74, dari standar terendah 71 untuk bisa masuk nominasi mendapatkan piala Adipura. Tentu ini membanggakan kita semua," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Bupati sangat berharap jika daerah tersebut mendapatkan piala adipura, akan menjadi kado akhir tahun kepemimpinan bupati Hamim Pou dan Wabup Kilat Wartabone di tahun 2015.

Menurutnya, nilai poin 74 ini baru penilaian pertama (P1), karena masih akan ada penilaian kedua (P2) yang bisa menentukan apakah akan lolos mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan.

"Sebenarnya piala adipura sudah di tangan dan dalam genggaman kita, hanya saja peran dan tanggung jawab semua pemangku kepentingan untuk terus mempertahankan keberhasilan di sektor kebersihan lingkungan," ujarnya.

Penilaian untuk P2 ini akan dilaksanakan pada bulan Maret 2015 ini, dan telah diinstruksikan kepada seluruh PNS maupun ASN untuk menjaga dan memelihara serta mempertahankan keberhasilan di penilaian pertama.

"Ingat, kita sudah 3 kali mendapatkan penghargaan, tetapi baru sebatas sertifikat dan piagam. Sekarang waktunya piala Adipura didapat," tambahnya lagi.

Seluruh aparat pemerintahan harus menjadi pelopor untuk menggalakkan kembali kebersihan, penataan lingkungan, penataan ruang terbuka hijau, saluran dan selokan untuk sama-sama perbaiki.

Termasuk rumah-rumah PNS atau warga yang belum dirapikan, pagarnya belum dicat, dan juga rumput-rumput di depan pagar halaman rumah belum ditata dan dibersihkan harus dilakukan kegiatan pembersihan.

"Kita harus turun bersama-sama untuk melakukan pembersihan dan penataan tersebut sesuai dengan pembagian zonasi atau wilayah garapan untuk dilakukan kegiatan pembersihan," pungkasnya. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015