Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memberikan apresiasi kepada manajemen Rumah Sakit Dr J.H. Awaloei Tateli, Kabupaten Minahasa yang menyediakan fasilitas memadai bagi perawatan pasien COVID-19.

"Kita kan tidak tahu sampai berapa banyak jumlah pasien COVID-19, tentunya kita harus siapkan sarana prasarananya," ujar dia saat meninjau rumah sakit yang beroperasi pekan depan itu di Minahasa, Rabu.

Rumah sakit swasta itu melayani pasien COVID-19 dengan menyiapkan 50 tempat tidur dari total 180 tempat tidur yang tersedia.

"Kami mengapresiasi pemilik RS Dr J.H. Awaloei yang juga warga Sulut dan telah berinvestasi dengan membangun fasilitas kesehatan modern," ujar dia.

Ia berharap, manajemen mengelola dengan baik rumah sakit swasta modern itu sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa tersebut.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, juga mengapresiasi dukungan manajemen RS Dr J.H. Awaloei dalam melayani program BPJS dan membantu penanganan COVID-19 di Sulut.

“Di sini disiapkan juga untuk pasien kelas tiga artinya melayani buat peserta BPJS yang dibantu pemerintah dan tentunya juga disiapkan khusus untuk pasien COVID-19. Nah ini sangat membantu bagi kita dalam situasi dan kondisi saat ini,” ungkap Olly.

Pemerintah provinsi, kata dia, berterima kasih kepada pihak swasta yang mau ikut bersama sama dengan pemerintah menyiapkan sarana prasarana di bidang kesehatan.

Angka penularan COVID-19 di Sulut semakin bertambah. Pada Rabu ini bertambah 23 kasus baru sehingga total sejak pertama kali diumumkan pada pertengahan Maret lalu menjadi 377 kasus.

Dari 377 kasus tersebut, 275 pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 62 pasien telah dinyatakan sembuh, dan 40 pasien dilaporkan meninggal.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020