Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Kamis, memastikan tahun 2016 nanti seluruh masyarakat di wilayah Kepulauan khususnya Kecamatan Ponelo segera menikmati penerangan listrik.

Hal itu diungkapkan bupati pada pertemuannya dengan masyarakat Desa Tihengo, Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Ketersediaan energi listrik di daerah ini, khususnya untuk rumah tangga dan usaha kecil menengah menjadi program unggulan Pemerintah Daerah yang telah dituangkan dalam 10 program gratis," ujar bupati.

Khusus wilayah Kepulauan Ponelo termasuk Pulau Dudepo, Pemerintah Daerah menargetkan tuntas listrik dan air bersih.

Artinya kata bupati, tahun 2016 nanti dipastikan seluruh rumah tangga di wilayah Kepulauan Ponelo, sudah menikmati penerangan listrik dan air bersih memadai.

Selain upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan secara bertahap.

Tahun 2014 lalu, sebanyak 872 rumah tangga telah mendapatkan sambungan listrik gratis.

Terdiri dari 240 sambungan listrik melalui APBD Kabupaten, 125 sambungan dari APBD Provinsi dan 150 sambungan melalui dana APBN.

Sebagian masyarakat mampu juga sudah melakukan penyambungan listrik secara swadaya, sehingga tersisa 33 rumah tangga yang belum menikmati listrik.

"Namun saya menjamin, tahun ini seluruh rumah tangga maupun fasilitas Pemerintah Daerah dan Kesehatan di wilayah ini, 100 persen menikmati jaringan listrik," kata bupati.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015