Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengikuti panen raya padi di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, sekaligus apresiasi atas upaya petani dan pemerintah daerah yang mencapai target produksinya, Rabu.

Menurut ia, keberhasilan peningkatan produksi beras di kabupaten ini patut disyukuri sebab mampu mencapai target produksi seperti yang diharapkan, rata-rata 7,6 ton per hektare.

"Saya bangga mendengar laporan pak bupati, sebab produksi beras di kabupaten ini meningkat signifikan," ujarnya.

Di tengah krisis harga beras di daerah lain, namun Gorontalo Utara mampu menstabilkannya dengan peningkatan produksi padi lokal yang tak kalah kualitasnya.

Peningkatan produksi pertanian perlu dipertahankan seiring peningkatan program pemberdayaan petani dan pembangunan infrastruktur pertanian.

Pemerintah kata ia, akan konsisten menyalurkan bantuan secara gratis, kepada seluruh petani yang memiliki lahan pertanian dan persawahan.

Sehingga seluruh aparatur di instansi teknis terkait, serta petugas penyuluh lapangan diimbau membantu pengawalan bantuan pemerintah agar tepat sasaran.

Khusus di Kabupaten Gorontalo Utara, program-program bantuan pemerintah di sektor pertanian yang akan disalurkan tahun 2015 ini yaitu, Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) seluas 2000 hektare, dengan alokasi anggaran sebesar Rp5,8 miliar.

Optimasi lahan seluas 2 ribu hektare sebesar Rp2,8 miliar, pembangunan jaringan irigasi sebesar Rp1,5 miliar dan pemberian bantuan bibit secara langsung kepada petani.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015