Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Provinsi Gorontalo akan mendapatkan bantuan embung atau tandon air, merupakan waduk berukuran mikro di lahan pertanian, dari pemerintah pusat pada tahun 2016.

"Saya rapat terbatas dengan Kadis Pekerjaan Umum (PU) ada juga Balai Sungai Wilayah II. Tahun depan Gorontalo dijanjikan Menteri PU dan Menteri Pertanian untuk menganggarkan pembangunan embung bagi lahan pertanian yang kurang irigasinya, khususnya bagi sawah tadah hujan," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis.

Gubernur meminta bupati dan wali kota untuk segera mendata kebutuhan embung di daerah masing masing.

Data tersebut selanjutkan akan disampaikan ke kementerian terkait untuk ditindaklanjuti tahun 2016 nanti.

"Syarat dari menteri tidak banyak, cukup ada lahan di sekitar sawah yang akan dibangun embung. Jadi tolong mulai dari desa hingga kabupaten dari sekarang sudah harus mendata kebutuhannya," imbuhnya.

Ia mengakui sektor pertanian menjadi salah satu perhatian serius tahun 2015 ini.

Selain untuk mengejar target produksi pertanian, hal tersebut dapat mendorong peningkatan ekonomi petani. Pemprov juga berupaya agar pembangunan Bendungan Randangan bisa segera rampung pertengahan tahun 2016 nanti.

Bendungan dan irigasi itu diharapkan dapat membuka lahan sawah baru sebesar 9.000 hingga 10.000 Hektar sawah baru, untuk menggantikan alih fungsi lahan pertanian di perkotaan.

"Termasuk Bendungan Poso. Tadi saya ketemu Balai Sungai, pekerjaannya sudah selesai. Insya Allah bisa kami resmikan minggu ini," pungkasnya. 

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015