Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, akan merespon cepat pemenuhan akurasi data by named by address atau per nama per alamat, khusus kaum disabilitas untuk mempermudah penyaluran bantuan sosial (bansos).

"Kami akan segera memasukkan data by named by address sesuai harapan anggota DPD RI dari daerah pemilihan Gorontalo, Rahmijati Jahja pada agenda reses yang dilakukannya di daerah itu," ungkap Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Selasa.

Salah satu kendala tidak meratanya penyaluran bansos seperti yang dikemukakan senator Rahmiyati Jahja, akibat data penyandang disabilitas sulit diperoleh.

"Pemkab akan memenuhi permintaan tersebut, untuk memudahkan intervensi kepada kaum disabilitas di daerah ini," ucapnya.

Tidak hanya itu kata bupati, pemkab pun akan melakukan hal yang sama untuk mengintervensi kemiskinan di daerah itu dengan perbaikan data terpadu sesuai kondisi faktual.

Banyak harapan dan keinginan yang disampaikan pada kunjungan reses Rahmiyati Jahja tersebut, termasuk pembangunan infrastruktur gedung olah raga (GOR) yang representatif.

Sementara itu, anggota DPD RI Rahmiyati Jahja mengatakan, untuk mengintervensi kaum disabilitas termasuk kemiskinan di Gorontalo, diperlukan data by named by address.

Ini menjadi kendala dalam penyaluran bansos yang menyebabkan tidak meratanya intervensi.

Dalam kunjungan tersebut, Rahmiyati berharap, Pemkab mampu memenuhi data tersebut untuk dapat diperjuangkan di tingkat pusat.

Sosok Rahmiyati dikenal sebagai anggota DPD RI yang sangat memperjuangkan penerbitan kartu 'tol' untuk kaum disabilitas.

Kartu tersebut ditargetkan memudahkan kaum disabilitas untuk menerima bantuan termasuk dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020