Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara berharap pembangunan infrastruktur tetap menjadi program prioritas di kabupaten Gorontalo Utara, meski di masa pandemi COVID-19.

Hal tersebut diungkap anggota Komisi II DPRD, Gustam Ismail, di Gorontalo, Senin, mengingat katanya, pembangunan infrastruktur akan bermuara pada aktivitas perekonomian di daerah.

Termasuk di wilayah terpencil maupun kepulauan, di antaranya pembangunan jalan di Kecamatan Ponelo Kepulauan yang memang telah ada dalam program perencanaan daerah di tahun anggaran 2020 ini.

"Pembangunan tersebut wajib memperhatikan beberapa aspek, mengingat pengerjaannya dilakukan di masa pandemi," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Seperti waktu pelaksanaan yang diharapkan sesuai perencanaan, mengingat keterlibatan tenaga kerja menjadi perhatian penting di masa pandemi ini.

Dia mengatakan, pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) pun wajib memperhatikan kredibilitas pihak rekanan yang diberi tanggungjawab atau kewenangan dalam melaksanakan pembangunan.

"Ini penting, mengingat seluruh tahapan perencanaan dan kualitas pekerjaan merupakan satu perpaduan yang menjadi skala prioritas dalam pelaksanaan pembangunan," katanya.

Apalagi proses pembangunan di wilayah kepulauan pun diakuinya cenderung memerlukan kehati-hatian, sebab pemenuhan material dan peralatan harus diadakan dari wilayah daratan atau diseberangkan ke pulau.

"Pihak ULP perlu memperhatikan benar rekanan yang akan dipilih, khususnya dari segi permodalan agar pelaksanaan pekerjaan berjalan sesuai target yang diinginkan," ucap Gustam.

DPRD berharap pelaksanaan pembangunan di masa pandemi ini berjalan dengan baik, serta memprioritaskan hal-hal berkaitan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di bidang jasa konstruksi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020