Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyalurkan bantuan alat pengangkut ikan bagi nelayan tradisional di daerah ini.

"Bantuan ini untuk mendorong produktivitas nelayan tradisional," ujar Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Selasa, usai menyerahkan bantuan memperingati Hari Nelayan Nasional di halaman kantor bupati.

Bupati menyinggung problematika kehidupan nelayan di daerah ini yang jauh dari kesejahteraan akibat minim pendapatan.

"Belum lagi isu kesenjangan sosial ekonomi dalam kehidupan nelayan menjadi fakta yang tertampang jelas," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, berinovasi mendukung pendapatan nelayan yang masih jauh dari harapan.

"Program optimalisasi pengelolaan dan peningkatan produksi perikanan kepada nelayan untuk mendorong produksi dan produktifitas nelayan harus digencarkan," ungkap bupati.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo, Subroto K.Duhe mengatakan, berbagai program pemerintah daerah yang akan dioptimalisasi khususnya bagi para nelayan bersumber dari pemerintah pusat namun sebagiannya memang dialokasikan pemerintah daerah.

Diantaranya penyaluran bantuan langsung, baik modal usaha maupun sarana penunjang untuk memudahkan nelayan di daerah ini, termasuk nelayan budidaya air tawar yang banyak menggantungkan pencariannya di Danau Limboto.

Termasuk penyaluran tiga unit alat angkut roda tiga kepada tiga penerima, yaitu Ismail Sabudi yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan, Hasan Ibrahim sebagai pengelola kelompok unit pembenihan rakyat dan Saripa Husin, sebagai kepala budidaya benih ikan (BBI) Mootilango. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015