Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak masyarakat untuk tertib memakai masker.

"Jadikan masker sebagai gaya hidup baru dalam keseharian kita, tertib memakainya akan sangat mendukung keberhasilan memutus rantai penyebaran COVID-19 di daerah ini," ujar anggota Komisi I DPRD, Jerri Kiswanto, di Gorontalo, Selasa.

Dua manfaat penting memakai masker sebagai gaya hidup baru di masa pandemi COVID-19, katanya.

Pertama, memakai masker menunjukkan keseriusan kita mendukung upaya penanganan COVID-19.

"Kita tidak hanya dapat menjaga kesehatan diri kita, juga menjaga kesehatan orang lain sebab kita tidak pernah tahu siapa yang menjadi pembawa virus mematikan itu," ucap wakil rakyat berusia muda ini.

Kedua kata Jerri, ajakan untuk tertib menggunakan masker tersebut agar masyarakat lebih patuh dan dapat menggerakkan perekonomian di tingkat bawah.

Sebab dengan patuh, angka penularan dapat ditekan sehingga ekonomi dapat bangkit karena masyarakat dapat beraktivitas normal tanpa merasa was-was akan tertular.

"Memakai masker merupakan benteng pertahanan terakhir yang dapat mencegah orang tertular atau menularkan, dengan begitu kesehatan mudah didapatkan serta dipertahankan," papar Jerri.

Ia mengaku cukup intensif melakukan kunjungan ke masyarakat, khususnya di daerah pemilihannya (dapil) III Sumalata Timur-Tolinggula, untuk mengingatkan agar semuanya patuh memakai masker.

"Para pelaku usaha kecil dan menengah pun diingatkan untuk membudayakan pemakaian masker bagi diri sendiri, keluarga maupun orang-orang disekitarnya," pungkasnya.

Satu hal yang ia turut kampanyekan, agar masyarakat setempat membeli masker di penjahit atau penjual lokal, sebagai salah satu upaya penting menjaga pertumbuhan ekonomi daerah.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020