Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus meninjau penerapan protokol kesehatan di KPU Kabupaten Bone Bolango dalam pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

"Pada tahapan-tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati, saya memerintahkan agar para personel disiagakan guna memberikan pengamanan berjalannya tahapan pilkada ini hingga sampai dengan hari pelaksanaan pemungutan suara nanti," ujarnya saat meninjau Kantor KPU Kabupaten Bone Balongoalo, Senin.

Kapolda menginstruksikan kepada personel untuk menjaga KPU selama 1X24 jam dan juga agar mengawasi sekitar lingkungan sekitar guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya Kapolda juga menambahkan agar masyarakat dan para pendukung pasangan calon diminta untuk dalam tahapan Pilkada 2020 ini agar tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan dan memberikan hak pilih, serta mengajak semua stake holder bersama-sama menjamin prosesnya berjalan aman dan damai.

"Pada intinya kami sudah siap dalam memberikan pengamanan tahapan-tahapan jalannya pilkada serentak yang akan dilaksanakan nanti," tutupnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan kunjungan Kapolda juga guna memastikan kesiapan para personel dan kesiapan petugas penyelenggara dalam pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Bone Bolango.

"Kapolda Gorontalo bersama para pejabat utama Polda Gorontalo meninjau secara langsung ke Kantor KPU Kabupaten Bone Bolango, dimana tujuannya untuk memastikan seluruh tahapan pilkada serentak ini berjalan dengan damai, aman dan demokratis, dan kita pastikan keamanannya, serta memastikan pelaksanaan pilkada dilaksanakan sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menjelaskan jika kunjungan tersebut dilaksanakan untuk memastikan pengamanan KPU secara maksimal dari kepolisian, berjalan lancar baik mulai tahapan pendaftaran para calon hingga ke tahapan pemungutan hak suara nanti.

"Tidak hanya itu, sudah diperintahkan pula kepada seluruh Polres jajaran yang menyelenggarakan pilkada kantor KPU dan Bawaslu untuk dijaga ketat sesuai aturan yang berlaku guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga meminta kepada seluruh personel bersikap netral dan siap untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dan para calon," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020