Total pendaftar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tiga kabupaten se Provinsi Gorontalo, mencapai 12 bakal pasangan calon (paslon).

"Seluruhnya 12 bakal paslon, yakni 4 di Kabupaten Gorontalo, 4 di Bone Bolango dan 4 di Pohuwato," ujar komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Bidang Perencanaan, Data dan Informasi, Sophian Rahmola, di Gorontalo, Senin.

Ia merinci untuk keterwakilan gender, 1 di Bone Bolango, 2 orang di Pohuwato, sementara di Kabupaten Gorontalo, tidak terdapat bakal paslon perempuan.

Namun khusus pelaksanaan Pilkada, tidak ada persyaratan yang mengatur jumlah keterwakilan gender, seperti halnya pada pemilihan umum legislatif.

Pihaknya berharap, seluruh bakal paslon dapat menaati seluruh ketentuan dalam keikutsertaan mereka sebagai peserta Pilkada di masing-masing daerah.

"Seluruh tahapan agar diikuti dengan baik," katanya.

Khususnya menghadapi pandemi COVID-19, agar bakal paslon memperhatikan pembatasan-pembatasan dalam berinteraksi langsung, seperti memakai masker, menjaga jarak aman dalam berkomunikasi, serta menjaga pola hidup bersih dan sehat.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020