Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan meminta bantuan dari Korem 133/Nani Wartabone untuk membantu penanganan setelah terjadi bencana tanah longsor dan banjir bandang di tiga kecamatan di daerah itu.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di Gorontalo, Jumat, mengatakan  akan mengirim surat bantuan kepada Danrem Brigjen TNI Bagus Antonov.

"Kita akan meminta karya bhakti dari TNI, mungkin 100 personel untuk membantu kita di sini," ujarnya.

Para prajurit TNI diharapkan dapat bersama untuk membersihkan rumah, jalan dan saluran agar segera bisa normal kembali aktivitas warga.

Sebelumnya, sejak bencana terjadi pada Senin (7/9) personel Kodim 1304 Gorontalo telah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan membantu korban.

Data sementara yang diperoleh, wilayah yang terdampak bencana di Bone Bolango yaitu empat desa di Kecamatan Bulawa, masing-masing Desa Kaidundu, Kaidundu Barat, Desa Mopuya, desa Dunggilata, serta Mamungaa Timur, Mamungaa.

Sedangkan di Kecamatan Bone Raya, banjir menerjang Desa Tombulilato dan di Kecamatan Bone Pantai, banjir terjadi di Desa Bilungala.
Sejumlah warga korban banjir bandang dan tanah longsor mencari sisa perabot dan barang dari reruntuhan rumahnya di Desa Mamungaa Timur, Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020