Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango, Kilat Wartabone, optimistis jika kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di daerah itu bisa capai 100 persen, dan bisa menjadi kesuksesan pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah mengharapkan semua SMP dan sederajat di Kabupaten Bone Bolango dapat lulus 100 persen dan mendapatkan nilai yang memuaskan, karena optimistis dengan pengembangan pendidikan di daerah," ujar wabup saat memantau UN di SMP 1 Suwawa, Senin.

Menurutnya, nilai akhir UN akan membantu dan mempermudah siswa untuk melanjutkan ke sekolah-sekolah unggulan yang ada di Provinsi Gorontalo.

Wabup berpesan agar seluruh siswa-siswi peserta UN di SMP Negeri 1 Suwawa, tidak tegang dan gugup dalam mengikuti ujian, karena jika persiapan menjelang UN sudah matang maka rasa gugup pasti akan hilang.

"Santai saja, anggaplah UN ini sama dengan ujian-ujian biasa yang dilaksanakan setiap semester," ujarnya.

Wabup juga berpesan terkait 4 hal penting kepada siswa-siswi peserta UN, yakni harus sehat, tidak lapar, sudah belajar dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.

"Kalau 4 hal ini dilakukan, Insya Allah kalian semua akan lulus 100 persen," katanya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMP Negeri 1 Suwawa Johana Wartabone menjelaskan, peserta UN sebanyak 133 siswa, masing-masing di bagi menjadi 7 bilik.

"Mata pelajaran UN hari pertama di mulai dengan Bahasa Indonesia dan selanjutnya akan disusul dengan mata pelajaran lain di tiga hari ke depan yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA," jelasnya.

Johana berharap dengan kesiapan yang dilakukan menjelang UN, diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi hasil UN siswa tersebut.  

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015