Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara telah menyiapkan lahan untuk pembangunan markas Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia di kabupaten tersebut.

"Kita telah siapkan lahan seluas lima hektare untuk pembangunan markas Bakamla RI di daerah ini, berlokasi di Kecamatan Gentuma Raya," ujar Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Rabu, dalam pertemuannya bersama kepala Bakamla RI Sulawesi Utara Brigjen Pol Leonidas didampingi Wakil Bupati Thariq Modanggu.

"Suatu kehormatan bagi daerah ini, memberikan hibah lahan untuk membangun markas Bakamla di wilayah ini," tambahnya.

Ia berharap kehadiran Bakamla di daerah itu akan lebih meningkatkan keamanan wilayah teritorial Provinsi Gorontalo, khususnya di perairan Gorontalo Utara.

Kehadiran Bakamla juga memberi keuntungan tersendiri bagi wilayah laut kabupaten tersebut, yang berbatasan langsung dengan beberapa negara, serta menjaga keamanan pulau-pulau tak berpenghuni.

Termasuk mengantisipasi gangguan keamanan aktivitas perikanan tangkap, dari ancaman kapal asing yang acapkali mencuri ikan di perairan tersebut.

Indra memastikan, hibah lahan pembangunan lahan tersebut telah siap, serta tidak memiliki kendala alias 'clean and clear' sesuai harapan pihak Bakamla.

"Kami berharap, pembangunannya disegerakan minimal tahun anggaran 2021," tandasnya.
Wakil bupati Thariq Modanggu mendampingi kepala Bakamla Sulawesi Utara, Brigjen Pol Leonidas, meninjau lahan pembangunan markas Bakamla di Kecamatan Gentuma, Gorontalo Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020