Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Gorontalo menargetkan raih piala adipura tahun 2015, setelah tahun sebelumnya lepas karena nilai yang tidak maksimal dikumpulkan.

Kepala bidang Pengendalian Bencana Dan Kerusakan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gorontalo Syarifudin Pulukadang, mengatakan, pihaknya telah maksimal melakukan terobosan dalam menjaga kebersihan lingkungan di semua tempat di wilayah itu.

Kegagalan Dalam meraih piala Adipura tahun 2014 menjadi pelajaran penting bagi pemkab setempat, sehingga berbagai bentuk pembenahan terus dilakukan dengan melihat apa kekurangan di tahun lalu.

"Beberapa pembenahan yang telah kita lakukan adalah pengoptimalan terhadap tingkat kebersihan Kota dengan memperbaiki sarana pembuangan sampah masyarakat, sekolah-sekolah, pasar-pasar dan kantor-kantor yang ada di lingkungan Pemkab Gorontalo," kata Syarifudin

Tahun 2014 kekurangan tiga poin penilaian terhadap Kabupaten Gorontalo, yakni terdapat pada ketidakmaksimalan tempat pembuangan sampah yang ada.

Selain itu upaya lain yang telah dilakukan di tahun 2015, adalah dengan menyediakan bank sampah dekat pembuangan air limbah, yang berada di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, yang pada tahun 2014 belum tersedia.

"Kita berharap dari program-program pembenahan yang telah dilakukan itu, bisa menambah poin penilaian dari tim penilai Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, sehingga piala Adipura dapat kita rebut kembali," jelasnya.

Syarifudin juga mengimbau masyarakat untuk mendukung program pemkab untuk meraiih kembali piala adipura yang sempat di dapat pada tahun 2013.  

Pewarta: Fadly Thaib

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015