Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terus memacu realisasi pembangunan di tengah pandemi COVID-19.

"Meski pandemi COVID-19 belum usai, namun seluruh program fisik maupun nonfisik yang dilaksanakan di daerah ini untuk Tahun Anggaran 2020, harus dipacu dan berlangsung normal," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, di Gorontalo, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan sinergi dalam pembangunan di daerah itu, seperti pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Triwulan III Tahun Anggaran 2020 yang dirangkai dengan koordinasi evaluasi program/kegiatan yang bersumber dari APBN 2020.

"Tidak hanya data capaian realisasi pembangunan bersumber dari APBD yang dipaparkan, namun pihak satuan kerja dihadirkan dengan harapan seluruh program yang dilaksanakan di daerah ini berjalan dengan baik dan sesuai target," ucapnya.

Pemerintah daerah berharap, tidak hanya realisasi target yang digenjot, namun pada Tahun Anggaran 2021, kabupaten tersebut erkeinginan mendapat perhatian yang lebih fokus dalam pengalokasian APBN, khususnya dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan, jembatan, bahkan penanganan ancaman abrasi pantai di wilayah-wilayah pesisir.

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Gorontalo Utara Helmi Potutu mengatakan total APBD kabupaten setempat pada 2020 mencapai Rp866 miliar, terdiri atasi belanja tidak langsung mencapai Rp413 miliar dengan capaian realisasi 68 persen, belanja langsung Rp452 miliar, dengan serapan anggaran hingga 16 September 2020 mencapai 13 persen.

Pagu Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp133 miliar, realisasi mencapai Rp20 miliar atau 15,4 persen, DAK reguler Rp12 miliar realisasi 19,5 persen, DAK penugasan Rp3 miliar realisasi 16 persen dan DAK afirmasi mencapai Rp64 miliar.

Untuk program kegiatan APBN mencapai Rp122 miliar, sedangkan untuk prasarana pemukiman mencapai Rp33 miliar, sungai Rp16 miliar, dan infrastruktur jalan Rp73 miliar.
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) tri wulan III tahun anggaran 2020 yang dirangkai dengan koordinasi evaluasi program/kegiatan yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2020 Pemkab Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020