Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pemerintah kabupaten (pemkab) setempat untuk mengoptimalkan anggaran daerah dalam menjaga ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

"Pangan harus menjadi urusan wajib dan prioritas, maka DPRD sangat mendorong pemkab untuk memaksimalkan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan daerah, juga menunjang kepentingan nasional," ujar anggota Komisi II DPRD, Gustam Ismail, di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya, pemerintah kabupaten harus memaksimalkan instrumen APBD dalam menjaga ketahanan pangan daerah di tengah pandemi COVID-19.

Tidak hanya urusan pangan di sektor pertanian, namun mencakup sektor kelautan dan perikanan serta peternakan.

"Perencanaan pembangunan untuk tahun anggaran 2021, harus benar-benar memprioritaskan alokasi anggaran untuk sektor pertanian serta sektor terkait lainnya," ujarnya.

Pengalokasian anggarannya pun harus tepat, antara alokasi untuk membangun infrastruktur maupun untuk penyaluran bantuan langsung kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan produksi.

Sementara di tahun anggaran 2020 ini, DPRD mengingatkan serapan anggaran agar terealisasi sesuai target.

Serta wajib bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam menjaga ketahanan pangan daerah, memasuki penghujung tahun ini.

"Kita wajib serius menjaga ketahanan pangan daerah, serta memastikan tidak ada warga yang mengalami kekurangan pangan," tandasnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020