Pemerintah desa di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengapresiasi peran mahasiswa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

"Seperti yang dilakukan para mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang melaksanakan pengabdiannya di desa-desa, melalui KKN tematik tahun 2020," ujar kepala Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Rikson Lewo, di Gorontalo, Selasa.

Menurutnya, peran mahasiswa turut membangun desa, sangat diharapkan.

"Khusus di desa kami, selalu meminta kehadiran mahasiswa yang akan praktik atau mendistribusikan keilmuannya yang selama ini diperoleh dibangku kuliah, untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Mulai dari kegiatan sosial kemasyarakatan, keagamaan hingga keolahragaan, digelar para mahasiswa dalam kegiatan KKN tematik selama masa pengabdiannya di desa.

Ini patut didukung dan perlu diapresiasi bahwa sejak dini atau sebelum mereka menamatkan kuliah, telah lebih dulu belajar beradaptasi dengan lingkungan yang akan dijalani setelah meraih gelar sarjana.

Dengan begitu, akan membentuk generasi muda produktif, kreatif dan inovatif.

Seperti pengabdian di desa itu, mahasiswa KKN tematik berinovasi menggelar kegiatan turnamen sepak takraw 'Zuriati Cup'.

Meski pandemi COVID-19 belum berakhir, namun mereka berkreasi menggelar kegiatan keolahragaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

Kegiatan ini patut didukung, tambah Rikson, sebab disela pertandingan, mahasiswa ikut memberi sosialisasi tentang membiasakan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan menerapkan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan rajin berolah raga.

Hal yang sama diutarakan kepala Desa Kikia, Kecamatan Sumalata, Djufrin Datukramat.

Ia mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa di bidang keolahragaan.

"Mereka melibatkan masyarakat di setiap kegiatan yang digelar, termasuk lomba kesenian dan olahraga bahkan kegiatan dalam mendukung perekonomian masyarakat," ujarnya.

Kegiatan positif dan produktif tersebut, diyakini mampu berdampak pada pembentukan karakter generasi muda di desa, untuk senantiasa bersemangat dan bergembira menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kegiatan tersebut, tidak hanya digelar saat kehadiran mahasiswa KKN saja, namun diharapkan terus tumbuh dan berkembang serta berdampak pada peningkatan kreativitas dan lahirnya bibit-bibit atlet olah raga dari desa tersebut.

"Kegiatannya memang berskala desa, namun dampaknya diharapkan meluas khususnya dalam membangkitkan keolahragaan daerah," pungkasnya.***
Kegiatan KKN tematik di Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020