Partai Gerindra Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memberi penguatan moral dalam pendidikan politik yang digelarnya, di Kecamatan Kwandang.

Anggota DPR RI dari Partai Gerindra daerah pemilihan (dapil) Provinsi Gorontalo, Elnino Mohi, sebagai pemateri utama dalam kegiatan pendidikan politik tersebut, Minggu, mengatakan, selain landasan hukum, landasan moral pun perlu diperkuat dalam penyelenggaraan pendidikan politik yang dilakukan.

Artinya, secara kultural, kader-kader maupun kepengurusan Gerindra sebagai salah satu partai politik di daerah itu, harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Sebagai pelaku politik, kader Gerindra wajib memberi contoh-contoh yang baik kepada masyarakat bahwa politik tidak hanya memberi landasan hukum tapi ada landasan moral yang 'fair' atau tidak akal-akalan," ucapnya.

Hal itu, untuk melawan opini bahwa politisi dan partai politik bukan merupakan sesuatu yang buruk, atau yang dilakukan bukanlah hal-hal yang buruk.

"Memang ada keburukan atau kekeliruan dilakukan oknum kader atau partai politik, namun tidak semuanya buruk," tuturnya.

Olehnya kata Elnino, pendidikan politik menjadi jembatan untuk memberikan pengetahuan yang luas dilandasi moral dan hukum serta contoh-contoh yang baik kepada masyarakat tentang perjuangan dalam partai politik.

Maka sebagai politisi, diwajibkan menghindari keburukan meski kadang-kadang hal itu tidak terelakkan sebagai suatu kekeliruan.

Gerindra di Gorontalo sebagai salah satu partai yang paling aktif mencari kader-kader muda, atau orang-orang berusia antara 20 sampai 40 tahun.

Targetnya adalah, untuk menyiapkan generasi penerus partai.

Pihaknya menyasar para mahasiswa, milenial, untuk menjadi kader-kader terbaik di Gerindra. Sebab tidak selamanya mereka menjadi mahasiswa.

Saatnya nanti kata Elnino, mereka akan menjadi sarjana-sarjana produktif serta calon-calon pemimpin bangsa.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Gorontalo Utara, Fatri Botutihe, mengatakan, kegiatan pendidikan politik tersebut digelar sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban partai terhadap alokasi anggaran dari pemerintah daerah.

Juga dalam upaya memberi pencerahan bagi publik tentang politik dan demokrasi bermartabat.

Dengan mengangkat tema, penguatan partai politik dalam membangun demokrasi bermartabat.

Kaum milenial mendominasi kehadiran peserta dalam kegiatan yang juga dihadiri pemateri dari DPD Gerindra Gorontalo.
 
DPC Gerindra Gorontalo Utara, menggelar pendidikan politik dihadiri langsung anggota DPR RI, Elnino Mohi. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020